PUNYA HIPERTIROID DAN SAYA SUDAH VAKSIN SAMPAI DOSIS KE-3

Assalamualaikum, kenalin saya Ria Setyo Hapsari, dipanggil ria saja. Saya salah seorang nakes di rumah sakit swasta di Magelang. Karna pandemi covid-19,  semua tanpa kecuali wajib ikut vaksin buat mencegah penyebaran covid-19 ada dua dosis nii,,dosis pertama dan kedua. Kalo khusus buat nakes ternyata lanjut lagi sampai dosis ketiga (booster vaksin) kata lain ni yaa vaksin pendukung. Karena nakes jauh lebih beresiko terpapar ceritanya..emang iay sih. Haha

Saat vaksin pertama nyampe ke Indonesia (Sinovac ), hampir semua orang masih anti ni sama vaksinasi. Memang sih, karena penelitiannya belum sempurna (pake metode dadakan) penyebarannya pesat banget dan belum banyak juga yg mencoba vaksinasi ini. Akhirnya dari pemerintah diputusin program vaksinasi pertama  untuk nakes-nakes dulu.

Awalnya saya kekeh nolak buat divaksin, karena saya punya riwayat penyakit autoimun (hipertiroid). Saya belum mantap takut terjadi hal yg nggakdiinginkan. Tapi seiring jalannya waktu, saya dapat info-info baru dari teman sejawat, dari media, kalo yang punya riwayat hipertiroid InsyaAllah aman buat disuntik vaksin.

Jadwal vaksin udah di tentuin tp masih galau antara maju atau nggak. Sampai hari-H ya sudahlah LillahiTa’ala semoga sehat-sehat saja. Cuss ni vaksin pertama sudah masuk. Saya udah siap obat-obatan kalo terjadi sesuatu. Ternyata,,,, Alhamdulillah saya sehat-sehat aja.. Cuma kerasa lemes dan salah satu gejala hipertiroidku (tremor sama deg-degan dikit)  kambuh tp nggak lama sembuh sendiri kok tanpa obat tambahan.

Abis vaksinasi yg kedua masukpun juga sama nggak ada keluhan yang berarti banget. Malahan, nafsu makan saya meningkat abis di vaksin. Lemes dan tremor yang dirasain saat vaksin pertama justru nggak saya rasain di vaksin kedua.

Sampe sekarang jenis vaksin yg masuk ke Indonesia lebih beragam. Makin bagus evektifitasnya makin mantap juga efek yang dirasain. Dan, Sinovac ini adalaj jenis vaksin yang punya efektivitas paling rendah. Makanya nakes-nakes diadakan vaksin tambahan pake jenis Moderna yg punya evetifitas luamayan tinggilah..

Ragu lagi akhirnya pas mau di vaksin ketiga. Apalagi  jadwal vaksin ketiga belum ada sebulan setelah saya jadi mantan Covid-19 (isman L). LillahiTa’ala lagi,,dan selesailah vaksinasi ketiganya. Nekad sih ceritanya, karna belum lama saya kena covid sudah berani vaksin lagi, Moderna lagi!

Pagi divaksin, siang sampe malam mau tidur Alhamdulillah masih sehat, Cuma lengan bekas suntikannya pegell banget. Malamny, sampe hari berikutnya badan udah nggak karuan. Kayak kena covid lagi tp sedikit lebih ringan. Demam sih nggak, cuma meriang berat. Tapi efeknya nggak lama hari kedua setelah vaksin sudah pulih lagi….

Alhamdulillah dari vaksin 1,2 da 3 nggak ada efek yang berat yang bikin parah penyakit saya jadi parah. Asalkan hipertiroidnya terpantau dan minum obat rutin insyaAllah aman sih divaksin. Tapi jangan lupa ya konsultasi dulu sama dokter yang tahu kondisi kita dari awal (dokter yg biasa nangani kita). Dan satu lagi yg nggak kalah pentingnya, saat screening mau divaksin jujurlah sama panitianya kalo ada riwayat penyakit dan keluhan saat itu…J

Jangan takut, insyaAllah vaksinasi aman kok… semoga dg berbagi pengalaman ini bisa bermanfaat yah…

0 Comments for "PUNYA HIPERTIROID DAN SAYA SUDAH VAKSIN SAMPAI DOSIS KE-3"

Back To Top