makalah kasiat buah-buahan



BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Buah merupakan salah satu makanan yang baik untuk dikonsumsi  ketika selesai makan dan dikonsumsi setiap hari. Apabila dikonsumsi secara rutin, buah-buahan mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.
Namun, tidak sedikit orang yang tidak mengetahui manfaat dan kasiat yang terkandung dalam berbagai macam buah sehingga mereka masih jarang mengkonsumsi buah tiap harinya.

Banyak orang menderita berbagai penyakit dikarenakan pola hidup yang menganggap bahwa buah tidak begitu penting untuk dikonsumsi. Padahal, buah dapat mencegah bahkan dapat mengobati berbagai macam penyakit.

B.     Rumusan Masalah
1.      Apa saja kandungan yang terdapat dalam sepuluh buah berkasiat obat ini?
2.      Mengapa sepuluh buah berkasiat obat yang tercantum dalam isi dapat mengobati berbagai macam penyakit?
3.      Bagaimana cara mengolah sepuluh buah berkasiat obat ini menjadi obat uang berkasiat?
C.     Tujuan
1.      Untuk mengetahui kandungan yang terdapat dalam sepuluh buah berkasiat obat yang tercantum dalam isi.
2.      Untuk mengetahui manfaat dan kasiat dari sepuluh buah berkasiat obat ini.
3.      Untuk mengetahui cara pengolahan dari sepuluh buah berkasiat obat ini.
BAB II
ISI

A.    Alpukat
Klasifikasi tanaman alpukat :
Kingdom         : Plantae
Divisi               : Magnoliophyta
Kelas               : Magnoliopsida
Ordo                : Laurales
Famili              : Lauraceae
Genus              : Persea
Spesies            : Persea americana
Buah yang memiliki nama latin Persea americana ini adalah salah satu buah yang sering kita jumpai. Buah alpukat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan karena alpukat kaya akan nutrisi dan vitamin.
Alpukat dapat dimanfaatkan dengan cara dibuat jus. Kandungan gizi pada jus alpukat baik untuk kesehatan. Setiap alpukat memiliki kandungan 11 vitamin, 14 mineral yang meliputi protein, niasin ( vitamin B3 ), riboflavin ( vitamin B2 ), vitamin C, kalium, dan lainnya.
a)      Kulit akan menjadi Lebih Kencang
Buah alpukat dapat digunakan sebagai masker sebab buah alpukat mengandung vitamin A dan vitamin E yang dapat membuat kulit menjadi lebih kenyal dan dapat untuk menghilangkan kerutan pada wajah.





b)      Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Buah alpukat mengandung kalium dan lemak tak jenuh yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah. Buah alpukat juga dapat digubakan untuk mencegah penyakit stroke.
c)      Bahan Produk Kosmetik
Buah alpukat dapat digunakan dalam produk kosmetik karena buah alpukat memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi.

B.     Apel
Klasifikasi tanaman apel :
Kingdom         : Plantae (Tumbuhan)
Sub kingdom   : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Divisi               : Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Sub Divisi       : Angiospermae
Kelas               : Dicotyledoneae
Sub Kelas        : Dialypetalae
Ordo                : Rosales
Famili              : Rosaceae (suku mawar-mawaran)
Genus              : Pyrus
Spesies            Pyrus malus L.

Buah apel merupakan salah satu jenis buah yang disukai oleh kebanyakan orang karena apel memiliki rasa yang manis dan segar. Namun tidak banyak dari mereka yang belum menyadari khasiat dari buah apel tersebut.
Beberapa kasiat dari buah apel yaitu melindungi tulang, mengurangi berat badan, membantu pernafasan, menurunkan kadar kolesterol, mencegah kanker paru-paru dan payudara, mengontrol diabetes, membersihkan dan menyegarkan mulut, dan lain-lain.


Buah apel dapat dikonsumsi dengan cara langsung maupun dengan pengolahan menjadi kue atau jus.
a)      Melindungi Tulang
Penelitian di Perancis menemukan bahwa flavonoidyang disebut phloridzin yang terkandung pada apel bermanfaat untuk melindungi wanita pasca – monopause dari masalah osteoporosis dan meningkatkan massa tulang.
Kandungan lain yaitu boron. Boron berfungsi untuk memperkuat tulang. Selain itu, apel juga mengandung banyak mineral antara lain kalsium, potasium, magnesium, zat besi, da zink.
b)      Mengurangi Berat Badan
Studi di Brazil menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi buah apel atau pir setidaknya 3 kali sehari selama diet akan lebih cepat menurunkan berat badan dibandingkan yang tidak mengkonsumsi buah tersebut.
Dengan mengkonsumsi 1 apel dapat mengurangi asupan kalori sebanyak 15%. ( kira-kira 185 kalori ) sehingga rata-rata per bulan dapat membuang sebanyak 0,68 kg.
c)      Mencegah Al-zheimer
Studi yang dilakukan oleh Universitas Cornell menemukan bahwa kandungan quercrtin pada apel akan melindungi otak dari radikal bebas yang memicu penyakit Al-zheimer.








C.    Blueberry
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan          : Plantae
Divisi               : Magnoliophyta
Kelas               : Magnoliopsida 
Ordo                : Ericales
Famili              : Ericaceae
Genus              : Vaccinium
Seksi                : Vaccinium cyanococcus

Buah blueberry tumbuh liar di wilayah Amerika Utara. Di Indonesia, tumbuhan ini masih jarang kita jumpai. Berikut ini adalah beberapa khasiat yang terdapat pada buah blueberry.
a)      Memiliki Kandungan Potasium
Potasuim mampu mengontrol tekanan darah bagi penderita hipertensi, mencegah berkembangnya kerusakan vaskuler ginjal, glomerulus, dan tubulus, menurunkan risiko stroke, mrnurunkan ekskresi kalsium pada urin dan menurunkan pembentukan batu ginjal.
Fungsi lainnya adalah menurunkan demineralisasi tulang ( osteoporosis ), menurunkan risiko aritmia ventrikular pada pasien dengan iskemia jantun, gagal jantung, dan hipertrofi ventrikel kanan.
b)      Mengandung Unsur Kimia Mangan
Mangan merupakan zat anti peradangan. Fungsi lain dari mangan adalah melancarkan aliran darah dan meningkatkan kapasitas daya ingat. Hal ini diungkapkan oleh dokter Jeremy Spencer dari Departemen Dinas Makanan Biosains Inggris. Para ilmuwan telah membuktikan potensi dan manfaat kesehatan dari buah segar tersebut.

c)      Mengandung Zat Nitrioksida
Zat nitrit oksida membuat dinding arteri tetap fleksibel. Kondisi ini dapat mencegah terjadinya penyakit jantung.

D.    Jeruk Purut
Kerajaan:
Divisi:
Kelas:
Upkelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
Citrus hystrix

Jeruk purut memiliki nama ilmiah Citrus hystrix. Daun jeruk purut memiliki daun yang majemuk dan berbangun bulat telur. Daun ini mempunyai permukaan yang licin, permukaan atas berwarna hijau tua dan mengkilap sedangkan bagian bawah berwarna hijau muda.
Bunga jeruk purut warnanya putih kekuning-kuningan, terkadang kemerah-merahan. Buah jeruk purut berwarna hijau, kulitnya memiliki kerutan, dan besarnya sebesar bola golf. Bagian yang sering digunakan adalah buah dan daunnya.
a)      Influenza
Potongan buah jeruk yang matang dan sudah banyak airnya diperas dan diseduh dengan air panas lalu diminum selagi hangat.
b)      Kulit Bersisik dan Mengelupas
Belah buah jeruk membujur dan dibagi menjadi tiga bagian. Gosokkan pada kulit yang bersisik dan kering.
E.     Jeruk Nipis
Kerajaan:
Divisi:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
Citrus aurantifolia

Jeruk nipis mempunyai nama ilmiah Citrus aurantifolia. Jeruk nipis merupakan tanaman perdu yang memiliki banyak dahan dan ranting. Batangnya berkayu, cukup ulet, dan keras. Buah jeruk nipis berukuran sebesar bola pingpong.
Bagian yang sering digunakan sebagai bahan berkasiat adalah buah dan akar jeruk nipis. Berikut manfaat dari buah jeruk nipis.
a)      Mengobati Batuk
Sediakan 1  sendok kecap, 1 buah jeruk nipis, dan sedikit garam. Campurkan perasan jeruk nipis dengan kecap dan garam di sendok lalu diminum.
b)      Mengobati Malaria
Siapkan 1 buah jeruk nipis, garam secukupnya, dan 1 sendok makan kecap. Peras jeruk nipis dan campur dengan kecap dan garam, lalu disaring dan diminum.
c)      Melangsingkan Perut
Kandungan vitamin C yang terdapat dalam jeruk nipis ampuh untuk melangsingkan perut dengan membuat larutan campuran jeruk nipis, air, dan gula.


F.     Semangka
Kerajaan:
Divisi:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
Citrullus lanatus

Buah semangka adalah buah bebas lemak sehingga cocok untuk dijadikan menu diet. Air dan kalium yang terkandung dalam buah semangka berfungsi menetralkan tekanan darah. Buah ini juga mengandung antioksida dan vitamin C yang berfungsi untuk kekebalan tubuh.
Buah semangka juga dapat mencegah penyakit kanker karena mengandung zat karotenoid dan zat likopen yang membaut tubuh kuat terhadap penyakit kanker.
a)      Menghindari Dehidrasi dan Kaya Serat
Buah semangka yang mengandung banyak air akan membuat seseorang akan terhindar dari dehidrasi. Selain itu, serat yang terkandung dalam buah semangka akan mencegah sembelit.
b)      Baik untuk Jantung dan Tulang
Sebuah penelitian baru ( WHFoods ), menunjukkan bahwa likopen baik untuk menjaga kesehatan jantung dan tulang. Semangka adalah salah satu buah yang mengandung zat likopen yang tinggi.


G.    Rambutan
Kerajaan:
divisi
kelas
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
Nephelium lappaceum

Rambutan adalah tanaman tropis yang tergolong dalam suku Sapindaceae. Rambutan banyak terdapat di daerah tropis seperti Indonesia, Kamboja, Malaysia, Filipina, dan Thailand.
Setiap 100 gram atau sekitar 3 buah rambutan mengandung 18 gram karbohidrat, 58 gram vitamin, dan 70 kalori. Kandunga serat dalam rambutan tergolong tinggi yaitu 2 gram dari setiap 100 gram buah.
a)      Penyembuhan Demam
Ambil kulit rambutan yang sebelumnya sudah dikeringkan. Cuci dan tambahkan beberapa gelas air dan rebus hingga mendidih. Minumlah secara rutin 3 kali sehari.
b)      Redakan Kencing Manis
Ambil 5 biji rambutan dan digoreng sangrai lalu tumbuk sampai halus dan campurkan dengan segelas air putih. Setelah dingin, diminum sekaligus dan lakukan secara konsisten.





H.    Jambu Biji
Kerajaan:
Divisi
Kelas
Ordo:
Famili:
Upafamili:
Bangsa:
Genus:
Spesies:
Psidium guajava

Jambu biji mempunyai nama latin Psidium guajava L. Buah jambu biji mempunyai banyak kandungan di antaranya adalah vitamin C yang 2 kali lebih banyak dibanding buah jeruk manis yang berfungsi menjaga kekebalan tubuh.
a)      Menurunkan Kadar Kolesterol
Jambu biji menagndung pektin yang berupa serat dan berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah.
b)      Mencegah Kanker
Buah jambu biji mengandung zat likopen yang berlimpah. Zat ini berfungsi mencegah penyakit kanker dan melindungi tubuh dari antioksidan.






I.       Pepaya
Kerajaan:
Divisi
Kelas
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
Carica  papaya

Buah pepaya memiliki nama latin Carica papaya. Manfaat utama dari buah pepaya adalah menjaga kesehatan dan kecantikan.
Buah pepaya mengandung vitamin A, B, C, dan E. Selain itu, buah pepaya juga mengandung banyak mineral dan serat yang berfungsi mencegah sembelit. Zat lai yang terkandung adalah enzim papain yang baik untuk pencernaan.









Kerajaan:
Divisi:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
Olea europaea
J.      Zaitun











Buah zaitun yang biasa dijadikan minyak mempunyai nilai yang tinggi dalam pengobatan.
a)      Merevitalisasi Sistem Imun
Zaitun kaya dengan vitamin E larut lemak, yang melindungi sel dari radikal bebas. Antioksodan ini menguatkan sistem imun, mengurangi penyakit seperti flu sampai 30%  menurut para periset di Tufts University.
b)      Menghaluskan Kulit
Buah zaitun merupakan sumber terkaya oleid acid yang membantu mengurangi garis-garis halus pada wajah serta mengenyalkan dan melindungi kulit.






BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Buah-buahan apapun jenisnya mempunyai manfaat yang begitu banyak. Hampir semua buah mempunyai kandungan vitamin, antioksodan, zat pencegah kanker, mineral, dan kandungan lain yang bermanfaat bagi tubuh.
Dengan mengkonsumsi buah-buahan setiap hari secara rutin, manfaat yang terkandung dalam berbagai jenis buah tersebut dapat kita rasakan dan dapat mencegah timbulnya berbagai penyakit.




















DAFTAR PUSTAKA

Emayanti, Dea. 2010. Aneka Buah Kaya Vitamin Berkasiat Obat. Yogyakarta : Pinang Merah.









2 Comments for "makalah kasiat buah-buahan"

PUSAT SARANA BIOTEKNOLOGI AGRO

menyediakan biotan 28 untuk keperluan penelitian, laboratorium, mandiri, perusahaan .. hub 081805185805 / 0341-343111 atau kunjungi kami di https://www TOKOPEDIA.com/indobiotech temukan juga berbagai kebutuhan anda lainnya seputar bioteknologi agro

microtouch solo titanium - TITanium Arts
Microtouch mens titanium rings Solo Titanium - All mens titanium necklace sizes available. mens titanium earrings microtouch solo titanium is made of Titanium Gold oxide, black titanium rings and has a solid 바카라 사이트 weight.

Back To Top